Sunday 23 November 2014

INKSRIPSI GURATAN GAMBAR BATU PINAWETENGAN MINAHASA

SEKILAS BATU PINAWETENGAN MENURUT CERITA RAKYAT


Cerita rakyat mengenai adanya batu Pinawetengan di temukan penulis J.G.F Riedel dari cerita rakyat tombulu yang di cetak dalam bentuk buku berjudul "AASAREN TUAH PUHUHNA NE MAHASA" terbit di tahun 1870 dalam bahasa Tombulu.
Lokasi tempat batu Pinawetengan pada mulanya hanya disebut tempat berkumpulnya penduduk Minahasa yang terletak di tengah-tengah Tanah Minahasa. Kemudian disebut tempat Pahawetengan Posan yaitu pembagian tatacara beribadat agama suku. Lokasinya di sebuah tempat yang bernama bukit AWOHAN (AWOAN) di Tompaso.
Istilah Watu Pinawetengan pada waktu itu belum ada, karena batu suci tempat upacara PAHAWETENGAN POSAN, belum ditemukan karena sudah tertimbun dan masuk ke dalam tanah.
Kemudian di tahun 1888, pada bulan Juni, J.A.T. Schwarz seorang pendeta di Sonder membiayai penggalian batu Suci orang Minahasa tersebut, dan bulan Juli 1888 batu itu di temukan lalu lahirlah istilah "Watu Pinawetengan". Usia gambar-gambar di batu Pinawetengan di analisa penulis J.G.F. Riedel berasal dari abad ke-7 (tujuh).

ANALISA ARTI GAMBAR OLEH J.A.T. SCHWARZ

Orang pertama yang menganalisa garis gambar di permukaan batu Pinawetengan adalah Pendeta J.A.T. Schwarz, berdasarkan komentar Hukum Tua Kanonang Joel Lumentah. Keterangan Hukum Tua Kanonang dan seorang guru dari Sonder hanya mengenai bentuk segi-tiga adalah bentuk atap rumah pemimpin utama Minahasa yang memimpin upacara adat di batu Pinawetengan.
Keterangan penting lainnya adalah gambar-gambar yang ada di tahun 1888 dan sekarang ini sudah hilang. Seperti gambar kelelawar, ikan hiu, buaya, jaring penangkap ikan. Hanya sampai disini uraian penulis J.A.T. Schwarz dalam bukunya "ETHNOGRAPHICA VIT DE MINAHASSA". Arti gambar manusia tidak dapat di analisa oleh Penulis J.A.T. Schwarz.

ANALISA ARTI GAMBAR OLEH JESSY WENAS

Penulis melanjutkan penelitian arti gambar batu Pinawetengan dengan melengkapi data cerita rakyat Tontemboan, buku tulisan J.A.T. Schwarz "Tontembeansche Taksten", terbitan tahun 1907. Bahwa pemimpin upacara adat di Pinawetengan Maha Dewa Muntu-Untu, tidak hanya satu orang tapi ada beberapa orang dalam kurun waktu 800 Tahun.
Kemudian membandingkan gambar manusia di Pinawetengan yang punya kesamaan dengan gambar manusia di gua Angano Filipina, yang berusia 3000 tahun yang lalu, memberi data bahwa pembuatan gambar di batu Pinawetengan bukan hanya mulai dari abad ke-7 tetapi sudah di mulai sejak jaman sebelum Masehi.
Untuk lebih mendalami penelitian simbol-simbol perbandingan gambar-gambar binatang dan benda lainnya dari sistim zodiak Minahasa dari buku "De alfoersche Dierenriem", tulisan pendeta berkebangsaan Belanda Jan Ten Hove cetakan Tahun 1887. Karena uraian simbol-simbol gambar zodiak buku JAN TEN HOVE tahun 1887, sangat jelas mengenai penggunaan simbolisasi itu. Maka bahan keterangan data itu digunakan penulis untuk menguraikan lebih jauh arti- arti gambar yang bukan gambar manusia di permukaan batu Pinawetengan.

No comments:

Post a Comment