Friday 28 November 2014

OBJEK WISATA YANG TERKENAL DI SULAWESI UTARA

Inilah 8 Tempat Wisata Yang Terkenal di Bumi Nyiur Melambai


Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Utara, khususnya Kota Manado adalah salah satu yang terpopuler di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik. Berdasarkan hasil survei Travel YAM tentang 10 Pulau Wisata Terbaik di Asia Tenggara dan Pasifik, Bali dan Manado menempati posisi ke-3 dan ke-6.
Survei ini diikuti oleh 110 ribu orang dan berlangsung dari 4-18 Juni 2014. Parameter pemilihan adalah destinasi favorit pulau wisata yang dapat ditempuh dengan penerbangan selama 6 jam atau kurang dari Taipei.
Ada 33 pulau wisata di Asia Tenggara dan Pasifik yang terjaring dalam survei ini. Salah satu tempat wisata Manado yang paling terpopuler adalah Wisata Taman Laut Nasional Bunaken, yang disebut-sebut salah satu surga taman bawah laut paling diminati di dunia.
Keindahan terumbu karang Bunaken di Manado memiliki keistimewaan khusus sebagaimana yang ada di Raja Ampat Papua, Pulau Weh Sabang dan Senggigi Lombok. Inilah sebab mengapa Manado ditetapkan sebagai Ibukota terumbu karang dunia oleh World Coral Reef Conference (WCRC).
Kota Manado sebagai yang terbesar di kawasan utara Indonesia adalah pilihan menarik bagi para penikmat perjalanan, sebab ada banyak tempat-tempat menarik di Manado. Anda bisa menjajal wisata kuliner Manado “Tinutuan” (Bubur Manado) yang terkenal itu, mengunjungi Bukit Kasih, atau main ke Danau Tondano. Menjelajahi isi Kota Manado juga adalah opsi yang tak kalah menarik. Ini tak terlepas karena sifat ramah penduduk di Manado itu sendiri yang menjadi faktor pendukung daya tarik wisata.
Berikut ini adalah beberapa tempat Objek Wisata yang dapat dijumpai di Kota Manado, yaitu :

Wisata Taman Laut Nasional Bunaken

Wisata Taman Laut Nasional Bunaken adalah yang terkenal di Provinsi Sulawesi Utara. Alam bawah lautnya telah dinobatkan sebagai salah satu yang terindah. Keindahan Taman Laut Nasional Bunaken ini dapat dijumpai pada spot-spot yang bernama Lekuan 1, Lekuan 2, Lekuan 3, Fukui, Mandolin, Tanjung Parigi, Ron’s Point, Sachiko Point, Pangalisang, Muka Kampung, dan Bunaken Timur. Para pecinta Diving akan sangat menyukai ini. Kegiatan snorkeling di Bunaken juga tak kalah menarik.
Sejumlah kegiatan wisata Bunaken yang mungkin Anda pilih di antaranya berkeliling menggunakan katamaran (perahu berkaca), snorkeling, diving, foto bawah laut, berjemur, dan tamasya pantai. Bunaken telah difasilitasi dengan sangat baik, ada cottage dan pilihan penginapan lainnya, rumah makan, diving center, perahu berkaca, dan aneka kios souvenir.
Jarak Bunaken dari pelabuhan Kota Manado sekitar 7 mil, dapat ditempuh dengan kapal cepat sekitar 35 menit menuju Bunaken. Anda tidak akan menyesal tempat wisata di Manado paling terkenal ini. Bersama dengan Pulau Siladen, Pulau Bunaken membentuk Taman Laut Nasional Bunaken, Kota Manado yang telah diresmikan oleh Pemerintah RI.

Objek Wisata Pulau Siladen

Objek Wisata Pulau Siladen adalah salah satu Wisata Bahari di Kota Manado dengan daya tarik sebagaimana yang ada di Bunaken. Pulau Siladen dikenal dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih.
Pulau Siladen ini terletak di sebelah timur Pulau Bunaken. Dari pelabuhan Manado, Anda dapat menempuh perjalanan laut sekitar 45 menit ke Pulau Siladen, naik kapal motor. Salah satu objek wisata di Manado ini memiliki spot penyelaman paling menarik di lokasi bernama Siladen 1 dan Siladen 2.
Pulau Siladen ini memiliki sejumlah resort dan homestay dengan fasilitas akomodasi yang baik. Jika Anda ingin menikmati wisata laut dengan ketenangan dan keindahan yang memikat, maka Pulau Siladen di Manado adalah opsi yang layak dipertimbangkan.

Danau Tondano

Danau Tondano adalah salah satu pilihan tempat wisata menarik di Sulawesi Utara. Jarak dari Kota Manado ke Danau Tondano adalah sekitar 30 km. Danau Tondano ini terletak di Kota Tondano, sebuah daerah yang terkenal dengan Wisata Alam Danau dan Kuliner Boulevard dan merupakan tempat wisata di Sulawesi Utara yang berhawa sejuk dengan tekstur daerah pegunungan.
Untuk dapat masuk ke Danau Tondano, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 4 ribu per orang. Dengan menyewa perahu seharga Rp 50 ribu, Anda dapat mengarungi Danau Tondano. Tahukah Anda? Dari Danau Tondano pada sisi Toliang Oki dan Tondano Pante, Anda akan dapat menyaksikan pemandangan laut Sulawesi dan Maluku yang menawan. Ini tak heran mengingat Danau Tondano berada pada ketinggian 600 meter dpa, dikelilingi oleh pegunungan setinggi 700 m.

Taman Laut Tumbak

Wisata Tumbak adalah salah satu pesona terumbu karang menakjubkan yang ada di Sulawesi Utara. Keindahan Taman Laut Tumbak pantas disandingkan dengan Bunaken. Namun, Tumbak masih belum banyak dikenal publik. Taman Laut Tumbak terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, berada pada sebuah desa yang bernama Tumbak.
Dari Kota Manado, jarak tempuh ke Tumbak membutuhkan waktu 3 jam dengan kendaraan darat. Seperti Bunaken, pesona Taman Laut Tumbak terletak pada keindahan terumbu karangnya. Ada 20 spot diving dan snorkel di Tumbak yang patut Anda coba, di antaranya Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Bohaga Kecil, MFT 1, MFT 2, Taman Karang, dan Pintu Samudera.

Kawasan Boulevard

Kawasan Boulevard adalah ikon kota Manado, sebuah tempat terbaik untuk mencicipi ragam kuliner yang ada di Manado. Kawasan ini sekarang terkenal dengan Kawasan Boulevard On The Bussines, selain menjadi pusat wisata belanja dengan kehadiran mall, kawasan ini juga dipadati perkantoran.
Namun, tak kalah menariknya di Boulevard tersedia banyak kafe, resto, dan tempat-tempat makan dengan sajian utama makanan khas Manado. Boulevard adalah destinasi favorit bagi para pecinta kuliner. Ini adalah salah satu spot terbaik wisata kuliner Manado. Terlebih di akhir pekan, kawasan ini selalu ramai dengan pengunjung. Sebab, di Boulevard Anda dapat menyaksikan pemandangan sunset yang menawan.

Pulau Lembeh

Pulau Lembeh adalah salah satu pilihan wisata yang dicari para pecinta diving dan snorkel. Di sana, terdapat sekitar 88 spot penyelaman yang dapat Anda pilih. Keanekaragaman hayatinya sangat memikat, hanya kalah terkenal dengan Bunaken.
Selain diving dan snorkel, Anda dapat menjelajahi pantai di sana. Hanya dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp 300 ribu untuk perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam. Ada banyak resor di sana. Pulau Lembeh berada dalam wilayah administratif Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.
Untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, Anda harus menempuh perjalanan dari Manado ke Bitung terlebih dahulu. Waktu perjalanan dari Bandara Sam Ratulangi di Manado ke kota Bitung adalah sekitar 45 menit, tersedia bis umum atau taksi. Di Bitung, tempat untuk menuju Pulau Lembeh adalah dari Dermaga Ruko Pateten. Anda akan menaiki perahu selama 15 menit untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, biayanya Rp 8 ribu per orang.

Bukit Kasih

Bukit Kasih terletak sekitar 55 km dari Kota Manado, sebuah tempat yang menjadi simbol keharmonisan antar umat beragama. Perjalanan ke Bukit Kasih membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Manado. Anda akan melalui kota Tomohon untuk dapat sampai di Bukit Kasih ini.
Menaiki 2.435 anak tangga hingga sampai ke puncak bukit adalah kegiatan utama wisata di Bukit Kasih. Sepanjang perjalanan ke puncak bukit, Anda dapat menyaksikan pemandangan kawah belerang. Anda perlu berhati-hati dalam menaiki anak tangga dan gunakanlah sepatu yang nyaman.
Jika kesehatan Anda tidak prima, sebaiknya tidak perlu menaiki anak tangga tersebut. Di bagian kawah Bukit Kasih, Anda dapat berhenti untuk menikmati sajian kuliner Manado berupa jagung, pisang, dan ubi rebus.

Gunung Tumpa

Gunung Tumpa adalah salah satu tempat wisata alam Manado yang menarik untuk dikunjungi. Gunung Tumpa ini memiliki spot fotografi yang memikat, Anda dapat mengabadikan gambar seluruh Kota Manado dari puncak gunung.
Panorama matahari terbit dan tenggelam adalah salah satu kekuatan wisata yang ada di Gunung Tumpa. Perjalanan ke Gunung Tumpa hanya membutuhkan waktu 50 menit dari kota Manado.

No comments:

Post a Comment