Sunday 9 November 2014

ARTI FAM MINAHASA BERAWALAN HURUF E

ARTI NAMA BESAR KELUARGA (FAM)

Marga menjadi identitas dalam masyarakat dan adat. Marga diturunkan dari ayah kepada anak-anaknya. Marga turun-temurun dari kakek kepada bapak, kepada anak, kepada cucu, kepada cicit dan seterusnya. Marga lebih sering digunakan daripada nama, biasanya nama disingkat saja.
Bagi Orang Minahasa, Marga Keluarga biasa disebut dengan Fam. Marga Minahasa merujuk kepada nama keluarga atau marga yang dipakai di belakang nama depan masyarakat Minahasa.
Marga Minahasa diambil dari nama keluarga yang digunakan oleh kepala rumah tangga (orang tua lelaki), dengan demikian umumnya nama anak dari sebuah keluarga akan ditambahkan nama keluarga sang ayah di belakangnya. Bila seorang perempuan menikah, nama keluarga sang suaminya disisipkan di antara nama depan dan nama keluarga asli perempuan tersebut.


Berdasarkan hasil penelusuran data dari berbagai sumber tentang Marga/Fam Minahasa, masih banyak nama besar keluarga tersebut yang belum dapat diketahui arti dan asal-usul serta daerah asal atau domisili mula-mula dari orang pertama (keturunan pertama) yang menggunakan nama Marga/Fam tersebut.
Untuk itu, atas nama admin minahasapalakat.blogspot.com ini, kami mohon maaf karena masih banyak kekurangan dan belum lengkap dalam menyajikan data tentang Marga/Fam Minahasa.
Berikut ini adalah arti nama besar keluarga (Marga/Fam) Orang Minahasa (Manado), berawalan huruf E, yang berhasil diperoleh dari berbagai sumber.

EGAM, Arti Fam : Menjaga
EGETAN, Arti Fam : Lonceng kecil
EKEL, Arti Fam : Lirikan
ELEAN, Arti Fam : Arah barat
EMAN, Arti Fam : Dipercaya
EMOR, Arti Fam : Lengkap
ENDEI, Arti Fam : Dekat
ENGKA, Arti Fam : Pegang
ENOCH, Arti Fam : Pilihan
ERING, Arti Fam : Kurang besar

Demikianlah daftar arti nama besar keluarga (Marga/Fam) Orang Minahasa (Manado), berawalan huruf E, bila ada nama marga/fam yang belum tertulis di atas, kami sangat mengharapkan bantuan informasi dari para Sahabat MP (Minahasa Palakat), untuk dapat menuliskannya dalam komentar pada artikel blog ini.
Silahkan tulis nama Marga/Fam beserta artinya, data dan informasi anda, akan turut membantu sesama Kawanua Manado (Tou Minahasa) yang mungkin belum mengetahui tentang jadi diri dan identitas nama besar keluarga yang melekat pada nama mereka tersebut.

Sekian dan Terima Kasih.

Salam Torang Samua Basudara

"Masawang-sawangan, matombol-tombolan, maesaan kita waya."

2 comments:

  1. abjad E : ENGKO belum ada artinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. abjad E : ENGKO belum didaftarkan sekalian artinya marga ENGKO

      Delete